Blog

Beragam Penyebab Jerawat di Wajah yang Perlu Diwaspadai

Jerawat merupakan persoalan kulit yang kerap menghampiri. Penanganannya juga tidak mudah, namun produk perawatan wajah mahal sekalipun belum mampu mengusirnya ketika tidak memahami faktor pemicunya. Penyebab jerawat memang sangat beragam dan bisa memunculkan jerawat di bagian wajah. Untuk itu, waspadailah berbagai pemicu jerawat di bawah ini agar bisa menjaga kebersihan tubuh dan lebih berhati-hati.

  1. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Kebiasaan yang paling sering terjadi adalah menyentuh wajah kapan pun itu, namun tangan belum tentu bersih. Bakteri beserta berbagai kotoran yang menempel di tangan bisa berpindah ke kulit wajah dan menyumbat pori-porinya. Faktor inilah yang membuat kulit Anda menjadi rentan berjerawat.

Untuk menghindarinya, kurangilah kebiasaan menyentuh wajah dan gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Gunting selalu kuku Anda dan selalu dibersihkan jika ingin memanjangkan kuku. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan secara rutin dengan mencuci tangan.

  1. Rambut yang Kotor

Penyebab jerawat berikutnya adalah rambut yang kotor. Memang, tidak semua orang keramas setiap hari. Ada yang kemaras setiap dua kali sehari ataupun seminggu sekali. Terlepas dari seberapa sering berkeramas, sangat penting untuk keramas secara rutin, terlebih jika Anda mempunyai rambut yang tipis, panjang, atau berponi. Rambut yang jatuh ke wajah lebih berpotensi menimbulkan kulit berjerawat. Jika jarang keramas, rambut jadi bau, kotor, lepek, dan memicu timbulnya jerawat pastinya.

  1. Berkeringat
READ  Jangan Bingung Lagi, Inilah Ciri-Ciri Kosmetik yang Aman

Seperti yang kita semua ketahui, keringat merupakan salah satu bentuk ekskresi tubuh yaitu pengeluaran toksin. Dengan demikian, tentu saja cairan keringat tersebut kotor, membawa bakteri, dan tidak sehat untuk kulit. Lama kelamaan akan timbul jerawat di kulit wajah, terlebih bagi kulit wajah yang sensitif atau berminyak. Potensi timbulnya jerawat semakin besar.

  1. Make Up

Penyebab jerawat yang paling identik dengan wanita adalah make up. Pemakaian make up ini bisa menimbulkan jerawat apabila tidak menjaga kebersihan wajah ataupun karena efek dari kandungan dalam kosmetik itu sendiri. Jika tidak membersihkan wajah setelah memakai kosmetik ataupun membersihkan tapi tidak tuntas, kulit wajah bisa berjerawat. Hal ini merupakan respons tubuh untuk mengeluarkan zat tidak sehat yang menempel di kulit. Jika kosmetik yang digunakan mengandung zat kimia berbahaya atau berlebihan, kondisi kulit juga bisa berjerawat.

  1. Stres
READ  Mengenali Penyebab Cacar Air Sejak Dini

Tanpa disadari, berbagai tuntutan pekerjaan serta masalah pribadi menjadi pemicu stres, bahkan sampai tak terkontrol. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan stres dengan berbagai penyakit di tubuh, termasuk gangguan kesehatan pada kulit Anda. Dilansir dari hellosehat.com, beberapa studi sudah menunjukkan bahwa stres memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk. Stres memang bukan penyebab jerawat muncul, tetapi bisa membuat jerawat bertambah parah. Efek peningkatan hormon pemicu stres ini adalah penyebabnya.

  1. Perubahan Hormon

Adanya perubahan hormonal juga memicu timbulnya jerawat di wajah. Tak hanya perubahan hormon saat stres. Umumnya, jerawat muncul saat Anda sedang PMS atau di saat hari-hari pertama menstruasi, 2-3 hari setelah menstruasi, ataupun saat mengalami menopause. Produksi minyak pada wajah menjadi berlebih dan menyebabkan keterlambatan regenerasi sel kulit mati. Hormon androgen dalam tubuh juga meningkat yang akhirnya memudahkan perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat.

  1. Alergi Makanan
READ  Kulit gatal, Waspadai Dermatitis Atopik

Apakah Anda mempunyai riwayat alergi? Ternyata, alergi sebagai reaksi tubuh terhadap sesuatu juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat, terutama alergi pada makanan. Pasalnya, reaksi alergi ini berupa munculnya ruam kemerahan sampai pembengkakan di kulit. Proses pembengkakan ini nantinya akan memicu perkembangbiakan bakteri jerawat dengan proses yang lebih cepat.

Memahami kondisi tubuh dengan merawat dan memperhatikan persoalan yang dialami memang sangat diperlukan, termasuk saat mengalami jerawat pada wajah. Anda harus memahami berbagai penyebab jerawat di atas agar bisa mencegah jerawat datang lagi. Bagaimanapun juga, persoalan ini sangat mengganggu dalam beraktivitas.

 

Sumber artikel:

hellosehat.com

www.cosmopolitan.co.id

www.grid.id

 

Sumber gambar:

hellosehat.com

bali.tribunnews.com

hardrockfm.com

 

You may also like...