Goresan Kecil di Kulit, Hati-hati Dermatographia

Dermatographia adalah penyakit yang mengacu pada suatu kondisi di mana goresan kecil timbul di kulit. Kondisi ini juga disebut dermographism atau urticaria dermatografi. Menurut healthline.com, sekitar 5 persen orang memiliki kondisi ini, dan ini paling umum terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa yang lebih muda. Goresan dapat mengiritasi kulit Kamu, tetapi cenderung sembuh dengan cepat. Beberapa goresan berwarna putih di kulit, sementara yang lain sedikit memerah. Dengan dermatographia, goresan bertambah buruk, menyebabkan luka yang dalam atau bahkan reaksi seperti alergi. Dermatographia paling sering diobati dengan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan secara keseluruhan. Tidak ada obat untuk kondisi ini, meskipun gejalanya tidak berlangsung lama. Kasus yang jarang memerlukan perawatan medis yang lebih mendalam dari dokter kulit.

Ini Gejalanya

Tanda-tanda dermatographia terjadi ketika kulit Kamu tergores. Gejala tidak muncul sendiri. Sebagai gantinya, ini adalah reaksi untuk menggaruk diri mereka sendiri. Gejala-gejala ini dapat muncul untuk pertama kalinya tanpa peringatan. Gejala-gejala dermatographia dapat meliputi kemerahan, kulit yang terlihat seperti tulisan, luka yang dalam, seperti sarang, terasa gatal, mengalami pembengkakan, atau peradangan. Gejala biasanya berlangsung sekitar 30 menit setiap kali. Dalam kasus yang jarang terjadi, gejalanya berlangsung sehari atau lebih lama. Namun, kondisi dermografisme itu sendiri dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Gejala dapat memburuk pada suhu ekstrem. Cuaca kering juga dapat meningkatkan kejadian dermografi. Air hangat dari pancuran air panas, mandi, dan sauna dapat memperburuk gejala.

Mencari Penyebab Dermatographia

Penyebab pasti dari dermatographia adalah sampai belum diketahui. Kondisi ini diduga dipicu oleh stress, riwayat alergi, gesekan berlebihan dari pakaian atau tempat tidur, infeksi, alergi obat-obatan tertentu seperti penisilin, latihan yang menyebabkan penggosokan kulit yang berlebihan (seperti gulat). Meskipun penyebabnya tidak diketahui, ada faktor risiko yang diduga untuk dermatographia. Kamu mungkin berisiko lebih tinggi jika memiliki kulit kering, memiliki riwayat dermatitis, sering mengalami goresan pada kulit, memiliki penyakit tiroid, dan memiliki kelainan saraf atau penyakit dalam yang menyebabkan kulit gatal. Anak-anak lebih rentan terhadap dermatitis pada umumnya, sementara remaja dan dewasa muda lebih mungkin mengembangkan dermatographia.

Perawatan Dermatographia

READ  Cara tepat menghilangkan jamur kulit

Perawatan untuk dermatographia, kecuali jika dermatographia menjadi kronis, Kamu mungkin tidak perlu memerlukan perawatan medis. Kronis berarti terus menerus. Gejala biasanya diobati dengan obat bebas, meskipun obat alternatif juga dapat membantu. Jangan minum obat, herbal, atau suplemen apa pun tanpa meminta dokter terlebih dahulu. Obat-obatan alergi yang dijual bebas dapat membantu mengobati gejala-gejala dermatografi. Contohnya termasuk diphenhydramine (Benadryl) dan cetirizine (Zyrtec), yang keduanya dapat menyebabkan kantuk. Ini adalah antihistamin yang mencegah tubuh memproduksi histamin dari respons yang merugikan terhadap bahan kimia dan alergen. Loratadine (Claritin) dan fexofenadine (Allegra) adalah jenis antihistamin lainnya, tetapi mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai bekerja. Mengkonsumsi antihistamin secara teratur dapat mencegah gejala dermatographia sebelum mulai. Dalam kasus yang parah, dokter dapat merekomendasikan fototerapi. Ini adalah jenis terapi radiasi rawat jalan yang dirancang khusus untuk gangguan kulit. Itu juga digunakan dalam pengobatan psoriasis. Kamu dapat membeli Benadryl dan antihistamin OTC lainnya secara online.

Sekarang kamu paham tentang dermatographia adalah penyakit yang tidak bisa diangggap remeh. Berikutnya kamu pasti memahami apa yang harus dilakukan ketika mengalami dermatographia dengan menganalisis penyebab dan gejala yang telah dijelaskan di atas. Sekian semoga bermanfaat.

Sumber:

honestdocs.id