Mari Bersama Kenali Gejala Cacar Air Awal

Pasti anda mengetahui bahwa cacar air adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain, terutama pada meraka yang tidak memiliki kondisi kekebalan tubuh yang baik. Sehingga mengetahui gejala cacar air adalah salah satu cara cerdas agar anda bisa melakukan pencegahan dan juga pengobatan dalam langkah yang dini dan dengan cara yang sebaik-baiknya. Sehingga cacar air tidak akan meninggalkan bekas dan membuat kita menderita.

Memang pada umumnya, cacar air menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa untuk mendapatkan penyakit jenis ini juga. Bahkan gejala cacar air pada orang dewasa terhitung lebih serius jika dibandingkan dengan gejala cacar air yang di derita oleh anak-anak. Virus yang menyebabkan ccaar air bisa tumbuh di tubuh manusia adalah virus varicella zoster. Dimana jenis virus yang satu ini sangat cepat sekali menular baik melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung seperti batuk, bersin, ataupun cairan-cairan dari lepuhan yang ada pada cacar air tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai gejala-gejala cacar air yang harus anda ketahui untuk meminimalisir penyebaran dari cacar air :

1. Mulai muncul ruam

Gejala awal yang sering disebut sebagai gejala utama munculnya cacar air adalah dari ruam merah yang mulai muncul pada kukit kita. Biasanya ruam yang muncul ini memiliki semacam lepuhan berwarna bening yang berisi cairan pada titik tengahnya. Nah, jika anda mulia memiliki gejala ini. Sebaiknya anda mulai waspada, dan jangan sampai anda lengah dengan tindakan yang harus anda lakukan untuk mencegah penularan.

1. Ruam yang muncul diiringi demam

Biasanya sebelum gejala utama tersebut muncul, tubuh akan mengalami penurunan stamina. Dimana tubuh menjadi demam dengan suhu yang cukup tinggi yaitu 38 derajat bahkan lebih. Demam yang muncul disertai juga dengan nyeri otot yang kadang membuat orang sakit kepala juga karena rasa nyeri yang dirasakan. Jadi tubuh menjadi tidak nyaman.

1. Mulai muncul kehilangan nafsu makan
READ  Mengenal Cara Penanganan Infeksi Kulit Yang Perlu Anda Ketahui

Adanya rasa untuk malas makan pasti dirasakan oleh siapapun yang sedang sakit, dan hal ini sepertinya wajar terjadi. Namun jangan sepelekan kondisi ini jika anda adalah penderita cacar air. Anda harus memberikan asupan untuk tubuh anda. Agar anda bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga anda tidak mudah terkena komplikasi penyakit lainnya yang mungkin saja terjadi.

Memang gejala-gejala cacar air yang telah disebutkan diatas, sangat mirip dengan gejala flu yang sering dialami oleh manusia. Untuk gejala awal biasanya si penderita akan merasakannya selama kurang lebih 2-3 harian. Apalagi untuk gejala demam, gejala yang satu ini akan lebih berbahaya bagi orang dewasa jika dibandingkan dengan anak-anak. Dan bintik merah yang muncul pada tubuh kita biasanya berada pada posisi yang terlihat ataupun tidak terlihat. Seperti bagian belakang telinga, bawah lengan, kulit kepala, dada dan perut, wajah, bahkan di daerah kaki. Sehingga kondisi ini terkadang membuat si penderitanya sendiri tidak nyaman dengan keadaan mereka dan membuat rasa percaya diri menjadi menurun.

READ  Cara tepat menghilangkan jamur kulit

Namun tenang saja, karena bintik yang muncul biasanya akan mengempis dengan sendirinya pada kurun waktu 2-3 hari setelah melepuh. Dan akan kering serta hilang dengan sendirinya selama kurang lebih 1-2 minggu lamanya. Dan bintik akan tetap muncul selama 1 minggu menggantikan bintik lainnya selama kondisi kekebalan tubuh anda belum stabil secara tingkatannya. Maka dari itu, jika anda ingin mencegah cacar air ini tumbuh banyak di tubuh anda. Anda harus sesegera mungkin menghubungi dokter sebelum gejala cacar air ini bertambah parah untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Sumber : www.sehatq.com