Mengenal Cara Penanganan Infeksi Kulit Yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana infeksi kulit didiagnosis?

Untuk mendiagnosis infeksi kulit, penyedia layanan kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan gejala Anda. Anda mungkin menjalani tes laboratorium, seperti kultur kulit. Ini adalah tes untuk mengidentifikasi jenis infeksi apa yang Anda miliki, menggunakan sampel dari kulit Anda. Penyedia Anda dapat mengambil sampel dengan menyeka atau menggosok kulit Anda, atau menghapus sepotong kecil kulit (biopsi). Terkadang penyedia layanan menggunakan tes lain, seperti tes darah.

Bagaimana cara mengobati infeksi kulit?

Perawatan tergantung pada jenis infeksi dan seberapa seriusnya. Beberapa infeksi akan hilang dengan sendirinya. Ketika Anda membutuhkan perawatan, mungkin termasuk krim atau lotion untuk ditempelkan pada kulit. Perawatan lain yang mungkin termasuk obat-obatan dan prosedur untuk mengeringkan nanah.

Manajemen infeksi

Infeksi kulit bakteri mungkin lebih parah daripada jenis infeksi lainnya, dan lebih sulit untuk dibersihkan di komunitas Aborigin dan Kepulauan Selat Torres. Biasanya, mereka membutuhkan perawatan antibiotik. Pengobatan lini pertama seringkali flucloxacillin dengan anggapan bahwa kemungkinan penyebabnya adalah S. aureus.

Namun, ini bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan ada baiknya untuk memiliki umpan balik tentang sampel laboratorium untuk memahami prevalensi lokal. Sebagai contoh, tinjauan sampel laboratorium kami di Queensland utara jauh telah menunjukkan kombinasi organisme streptokokus dan stafilokokus pada swab4 (data laboratorium tidak dipublikasikan). Oleh karena itu, pengobatan yang menargetkan hanya satu jenis bakteri mungkin tidak menghasilkan pembersihan infeksi.

Antibiotik topikal, seperti mupirocin 2% untuk infeksi bakteri ringan, memiliki risiko untuk pengembangan resistensi sehingga harus digunakan dengan hati-hati.5 Ketika diresepkan, penting bahwa mereka digunakan sebagai kursus lengkap. Biasanya, kursus yang disarankan adalah 8 jam selama 7 hari. Seharusnya tidak dioleskan dalam penggunaan tunggal atau pendekatan ad hoc sebagai bagian dari pembalut. Di jauh di utara Queensland, sekitar 16% infeksi stafilokokus disebabkan oleh S. aureus yang resisten methicillin (MRSA) yang didapat masyarakat, yang mungkin menjadi alasan lain kegagalan untuk menghapus infeksi. Selain itu, seorang anak dengan banyak luka kulit di berbagai lokasi harus menerima antibiotik oral atau intramuskular, bukan hanya pengobatan topikal

Infeksi bakteri juga dapat memiliki risiko komplikasi yang signifikan sehingga harus diperlakukan lebih agresif untuk mencoba membersihkannya. Dalam komunitas dengan tingkat tinggi glomerulonefritis pasca-streptokokus (PSGN), penting bahwa infeksi kulit streptokokus yang potensial diobati secara aktif dengan menggunakan penisilin (atau antibiotik seperti cephalexin yang akan mengobati infeksi kulit streptokokus dan stafilokokus). Ada juga peningkatan dukungan untuk hipotesis bahwa penyakit kulit terkait dengan patogenesis penyakit jantung rematik. Oleh karena itu, pada anak-anak dengan luka kulit bakteri dalam pengaturan ini, penilaian lengkap, termasuk pemeriksaan jantung, tekanan darah dan urinalisis untuk proteinuria, harus dipertimbangkan. Antibiotik umumnya ditoleransi dengan baik tetapi memiliki risiko kecil anafilaksis, efek samping gastrointestinal dan efek samping yang jarang terjadi seperti toksisitas hati.

READ  Waspada ! Gunakan Cara Ini Untuk Mengenali Kosmetik Yang Berbahaya

Dalam pengaturan jarak jauh, manajemen bisul menggunakan sayatan dan drainase bisa menjadi rumit pada anak-anak. Praktisi medis mungkin perlu merasa nyaman dan dapat memberikan sedasi prosedural yang aman untuk memberikan perawatan yang memadai. Pasta magnesium sulfat mungkin berguna untuk membawa bisul ke permukaan sebelum intervensi formal.

Seperti biasa, opsi perawatan harus didiskusikan dengan orang tua atau wali untuk membantu penerimaan dan kepatuhan terhadap pengobatan. Ini akan sangat menentukan kemampuan anak dan pengasuh untuk mematuhi perawatan. Sebagai aturan umum, sangat sulit untuk menyelesaikan pengobatan 6 jam untuk anak-anak, jadi cephalexin dua kali sehari adalah alternatif yang berguna untuk flucloxacillin.3 Ini juga lebih enak. Dalam pengalaman penulis, pengasuh akan sering meminta benzathine benzylpenicillin sebagai suntikan tunggal dalam preferensi untuk menyelesaikan penisilin oral 6 jam selama 10 hari.

READ  Seperti Ini Cara Penularan Cacar Air Yang Jarang Diketahui

Infeksi virus umumnya hanya memerlukan pengobatan simtomatik, walaupun asiklovir dapat digunakan jika dimulai segera untuk infeksi H. simplex. M. contagiosum biasanya akan sembuh secara spontan, atau orang tua dapat ditunjukkan cara mengekstraksi inti dengan memeras.

Infeksi jamur dapat diatasi dengan krim antijamur topikal. Krim ini harus diaplikasikan setelah mengeringkan daerah tersebut secara menyeluruh dan biasanya harus dilanjutkan untuk jangka waktu 1-2 minggu setelah resolusi infeksi. Pilihan agen anti-jamur akan tergantung pada opsi lokal yang tersedia. Jika ada infeksi luas yang memengaruhi area penahan rambut atau tidak responsif atau berulang, lebih tepat menggunakan obat oral daripada pengobatan topikal.

Infeksi parasit, seperti kudis dan kutu, harus dikelola dengan cara yang sama, awalnya dengan pengobatan topikal, tetapi di mana ada infeksi yang luas (untuk pasien atau komunitas) dan kepatuhan dianggap sulit atau ada kekambuhan atau kurangnya respon, ivermectin oral mungkin dianggap sebagai alternatif.

Sumber

medlineplus.gov