Mengenali Penyebab Cacar Air Sejak Dini

Tahukah anda bahwa penyebab cacar air adalah karena adanya sebuah infeksi yang diperolah dari beberapa virus yang mudah sekali menyebar. Adapun nama lain dari cacar air itu sendiri adalah varicella yang ditandai dengan adanya lepuhan merah yang terasa gatal dan muncul pada seluruh bagian tubuh manusia. Nah, biasanya memang cacar air ini sering sekali menyerang anak-anak terutama balita. Maka dari itu, penyakit ini sangat akrab bahkan sangat umum dikenal sebagai sebuah penyakit masa kecil. Namun jangan salah, jika anda seorang dewasa. Anda juga bisa mendapatkan infeksi yang satu ini.

Selain itu, dewasa ini sangat jarang sekali seseorang mengalami infeksi cacar air lebih dari satu kali setelah mereka mengalaminya. Maka dari itu, banyak sekali yang menyebut bahwa penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang menguntungkan apabila anda mendapatkannya ketika anda masih kecil. Karena jika anda mendapatkan cacar air ketika anda dewasa, anda hanya akan membuat penampilan anda tidak menarik. Apalagi sejak diperkenalkannya vaksin cacar air yang diserukan oleh pemerintah pada pertengahan 1990an. Cacar air menjadi sebuah kasus yang mulai menurun dibandingkan dengan sebelumnya. Adapun penyebab cacar air inipun beragam. Ada yang melalui cairan, bahkan adapula yang melalui udara. Cara penyebaran virusnyapun sama seperti flu atau batuk. Jadi bagi anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rentan, hendaknya anda berhati-hati ketika anda berada disekitar orang.

Gejala umum yang sering terjadi pada calon penderita cacar air adalah:

1. Sering merasa pusing dan deman

Baik pusing atau sakit kepala dan juga demam, semuanya merupakan beberapa penyebab umum yang paling sering dirasakan oleh orang yang akan cacar air. Bagi anda yang mulai mendapatkan gejala ini sebaiknya bersiap-siap untuk menyediakan paracetamol sebagai obat penurun demam.

1. Mulai kehilangan selera makan

Kehilangan selera makan adalah gejala kedua yang akan dialami oleh para penderita cacar air. Karena demam dan sakit kepala yang dirasakan, rasa mual akan sering muncul sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan untuk membangun selera makan.

1. Mulai muncul benjolan-benjolan merah pada seluruh tubuh

Setelah beberapa hari, seorang penderita cacar air akan mulai menunjukan beberapa benjolan merah pada seluruh tubuhnya. Benjolan inipun seiring berjalannya waktu akan menjadi lecet sehingga cairan yang ada pada benjolan itu bocor atau pecah. Dan setelah benjolan ini mulai berkerak, titik dasar akan meninggalkan bekas luka seperti koreng. Dan pada tahap inilah cacar air ini mulai sembuh.

Harus digarisbawahi kembali, bahwa penyakit cacar air ini akan lebih cepat menyerang orang-orang yang berada dalam kondisi dimana sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Baik karena adanya penyakit yang sedang diderita ataupun karena obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Berikut ini beberapa orang yang dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah :

• Orang dengan riwayat kanker, baik yang baru ataupun sudah stadium akhir
  • Orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Orang yang sedang menjalani beberapa perawatan kemoterapi atau radiotherapy
  • Orang yang sedang memiliki kondisi yang sangat kronis seperti halnya rheumatoid arthitis ataupun lupus

Demikian daftar orang-orang yang memiliki tingkat kerentanan tertinggi untuk mendapatkan penyakit cacar air. Sekali lagi, cacar air mungkin akan membuat penderitanya mengalami komplikasi. Maka dari itu, anda harus mengenali penyebab cacar air dan juga segera mengobatinya ke dokter terdekat. Agar anda bisa mendapatkan penanganan yang terbaik sehingga cacar air tidak akan menyebar dan menular ke anggota keluarga lainnya.

Sumber : www.sehatq.com