Blog

Waspada ! Gunakan Cara Ini Untuk Mengenali Kosmetik Yang Berbahaya

 

Semakin ketatnya persaingan pasar, membuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan yang tidak masuk akal. Akibatnya banyak sekali produk-produk kecantikan seperti kosmetik yang dijual dengan harga yang sangat murah. Disinilah kita perlu mengenali kosmetik yang berbahaya. Karena produk yang dijual murah belum tentu memiliki kandungan yang aman untuk kita konsumsi, namun tidak menutup kemungkinan produk dengan harga selangitpun bisa memilki kandungan yang berbahaya untuk kita. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan guna mengenali kosmetik mana yang aman dan nyaman kita gunakan, dan mana yang perlu kita hindari.

  • Memberi efek putih dengan cepat

Manakah yang akan kalian pilih? Antara putih dalam waktu sekejap? Atau sehat cerah dalam waktu yang cukup? Jika anda seseorang yang gampang terkena iklan pasti anda akan memilih mendapatkan kulit putih dalam waktu yang singkat. Tidak ada yang salah, karena hal itu wajar adanya. Namun tahukah anda, ketika kulit melakukan regenerasi dalam waktu yang cepat. Maka produk yang anda gunakan bisa dikategorikan dalam produk yang berbahaya. Karena pada dasarnya flek yang memudar, jerawat, dan kulit putih akan anda dapatkan dalam waktu yang bisa dikatakan lama sekitar 28 sampai 30 hari. Anda bisa mengenali kosmetik yang berbahaya jika mereka langsung memberikan hasil sekitar 1-2 minggu setelah anda memakai produk tersebut. Bisa jadi di dalam produk tersebut terdapat mercury dan juga hydrocuinone yang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Memang benar bisa memberikan kulit putih, namun cara kerja mereka yang berbahaya akan membuat anda berfikir 2 kali sebelum melanjutkan pemakaiannya. Mereka akan mengelupas lapisan epidermis kulit anda hingga kulit anda rentan terhadap tumor, kanker, racun, bahkan kematian. Maka dari itu, bacalah dulu komposisi yang ada pada kosmetik yang akan anda beli sebelum anda menyesalinya.

  • Jangan pilih yang beraroma wangi menyengat
READ  Mari Bersama Kenali Gejala Cacar Air Awal

Produk alami dan aman biasanya tidak akan memberikan efek aroma yang menyengat. Aroma menyengat pada kosmetik yang anda gunakan berasal dari parfum yang diberikan secara berlebihan untuk menutupi bahan-bahan kimia seperti tretinoin dengan konsentrasi yang tinggi, mercury, dan juga hydroquinone.

  • Perhatikan tekstur dari kosmetik yang dipilih

Adanya bahan kimia yang berada dalam kosmetik biasanya membuat produk yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat. Produk ini bahkan bisa dikatakan bertekstur seperti lem dan tentu saja jika digunakan akan susah menyerap ke dalam kulit. Tipsnya adalah, cobalah sedikit dan aplikasikan pada kulit tangan anda. Jika teksturnya lembut dan tidak memberikan efek gatal. Maka bisa anda masukan ke dalam list kosmetik pilihan. Akan tetapi, jika anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengaplikasikan produk tersebut ke tangan anda. Maka bisa anda jadikan referensi kosmetik yang tidak akan pernah anda pilih. Ingat, semakin kental semakin lama untuk mengaplikasikannya, maka semakin tinggi pula keyakinan anda untuk tidak memilih produk tersebut.

  • Tinggalkan kosmetik yang tidak berijin
READ  Beragam Penyebab Jerawat di Wajah yang Perlu Diwaspadai

Kosmetik yang berbahaya biasanya tidak akan memiliki ijin BPOM. Maka dari itu anda harus memperhatikan, apakah produk yang anda pilih memiliki nomor BPOM pada kemasannya. Dan periksalah di situs online, nomor BPOM yang ada pada kemasan. Karena terkadang, para produsen nakal bisa saja memalsukan daftar nomor BPOM yang mereka cantumkan sehingga bisa mengelabuhi konsumennya. Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengenali kosmetik yang berbahaya.

Sumber :

www.fimela.com

www.hellosehat.com

You may also like...